Jatuh Cinta Lagi

Jatuh-cinta-lagiJudul buku: Jatuh Cinta Lagi

Pengarang: Wieke Gur

Penerbit: Akoer

Cetakan: I, Juli 2009

Ukuran: 12 x 18 cm, 234

halaman Keterangan:

Kiriman Akoer

 Nyanyian Hati Wieke Gur

GENERASI sekarang mungkin tidak begitu akrab dengan Elfa Secioria, Elfa’s Singers, Harvey Malaiholo. Paling banter, mereka cuma pernah mendengar nama-nama itu di blantika musik Indonesia.

Dengan kondisi itu, dapat dipastikan pula bahwa nama Wieke Gur menjadi sesuatu yang asing bagi generasi sekarang yang lebih memuja Peterpan, ST 12, Ungu, dan sebagainya. Siapa gerangan Wieke Gur, baru akan terkuak setelah membaca lembar demi lembar halaman buku “Jatuh Cinta Lagi” yang dirilis Penerbit Akoer pada Juni 2009 lalu ini.

Nama besar Elfa Secioria sebagai komposer, tak bisa dilepaskan dengan nama Wieke. Wieke menjadi partner tetap Elfa sejak 1985. Elfa membuat musik, Wieke menulis lirik. Hasilnya, lagu-lagu mereka menjadi pemenang sejumlah festival tingkat nasional bahkan internasional. Tak berbilang lagi jumlah penghargaan yang mereka terima.

Kolaborasi perdana mereka lewat lagu ‘Selamat Datang Cinta’ didapuk sebagai pemenang di Grand Prix Festival Lagu Populer Indonesia (FLPI) 1985. Sejak itu, kemenangan dan penghargaan mengalir ke pangkuan mereka dan artis-artis yang menyanyikan lagu ciptaan mereka. Sekadar menyebut saja, lagu ‘Seandainya Selalu Satu’ yang memenangkan FLPI 1986, mengantarkan penyanyinya Harvey Malaiholo sebagai penyanyi terbaik di ajang World Popular Song Festival 1986 di Tokyo, Jepang.

Di FLPI 1986 pula, lagu ‘Ayunkan Langkahmu’ yang dibawakan Jopie Latul memenangi grand prix dan mewakili Indonesia di Festival Internacional de La Cancion 1987 di Vina del Mar, Chile walaupun akhirnya keikutsertaannya dibatalkan panitia karena lagu itu sudah lebih duluan dirilis ke publik sebelum dipertandingkan. Baru pada tahun berikutnya (1988), lagu Wieke-Elfa berjudul ‘Inikah Cinta’ yang dinyanyikan Harvey bisa diperlombakan di ajang itu.

Ada lagi lagu “Kusadari’ yang juga memenangi FLPI 1987 dan ASEAN Popular Song Festival 1988. Dan banyak lagi kalau harus diurut satu persatu. Tentu lagu-lagu itu, tidak tercipta begitu saja. Ada proses berkarya yang harus dilalui Wieke. Melalui buku inilah, Wieke menceritakan proses itu dan mengungkapkan rahasia-rahasia di balik lagu yang dibuatnya.

Di buku memoar ini, kita akan mengetahui siapa Wieke sebenarnya, kesehariannya, dan tentu saja berbagai tetek bengek di seputar Wieke yang berkaitan dengan dunia musik yang dijalaninya sebagai pilihan hidup.

Lewat lirik lagu, saya ingin membantu orang-orang yang tidak mampu mengekspresikan perasaannya. Lewat kata-kata, saya ingin membantu setiap orang agar mampu membuka diri dan menyentuh titik paling dalam di hatinya.” (hal.17)

Proses penciptaan 51 lagu yang ditulisnya, diungkap Wieke satu per satu. Dari situlah akan tahu bagaimana proses kreatif Wieke, sehingga lagu yang dibuatnya bisa diterima telinga pendengar dan memenangkan sejumlah festival.

Liriknya sederhana dan nyata (substantive). Dia tahu notasi musik dan mampu memahami alur nada yang memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda-beda.” Demikian komentar Elfa tentang Wieke. Dalam bahasa singkatnya, “Wieke adalah penulis lirik lagu yang tampil dengan pemahaman dan pendalaman total.”

Begitulah Wieke. Banyak sisi hidupnya yang belum diketahui khalayak umum. Di buku inilah semuanya terpapar. Seperti disebut Kafi Kurnia, “Tidak ada salahnya kita membaca memoar ini untuk lebih intim mengenal Wieke dalam mengarungi nada dan menyatukannya dalam sebuah sandi dan komunikasi lagu.” (max)

Iklan

2 thoughts on “Jatuh Cinta Lagi

  1. Pekan lalu nonton Konser Harvey dan Wieke sempat disebut, berdiri sebentar dari barisan bangku penonton agak di belakang tetapi begitu habis konser mau salaman beliaunya udah enggak kliatan (susah nyariinnya, kurang familiar mukanya sih). I wish I so wiiisshhhh I could shake her hand and tell her how wonderful her works are, it never cease to brighten my days till now.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s